Pertanian Indonesia Makin Terobos Argentina

By Abdi Satria


nusakini.com- Buenos Aires- Berita gembira' kembali datang dari Kementerian Pertanian (Kementan), yang dikomandoi Amran Sulaiman. Senin lalu, 22 Juli 2019, Menteri Amran bertemu langsung dengan Presiden Argentina, Mauricio Macri, di Istana Kepresidenan di Buenos Aires.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Macri ke Indonesia Juni lalu. Saat datang ke Indonesia, Presiden Macri menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 26 Juni 2019. Pertemuan dua negara sahabat ini salah satunya untuk mendorong ekspor pertanian dari Indonesia. Saat itu, Presiden Macri mengundang Menteri Amran berkunjung ke Argentina untuk menindaklanjuti keinginan baik negara Latin tersebut.

Menteri Amran menjelaskan bahwa, pertemuan di Buenos Airos itu sukses menghasilkan kesepakatan kerjasama, dimana pemerintah Argentina berkomitmen mengimpor mangga, pisang, manggis, nanas dan salak dari Indonesia. Selain buah-buahan, Argentina juga berjanji untuk menambah volume impor "Crude Palm Oil" (CPO) asal Indonesia.

Tidak hanya menghasilkan komitmen awal untuk impor produk pertanian Indonesia, pertemuan Menteri Amran dengan Presiden Macri juga menyinggung kerjasama pengembangan teknologi pertanian.

"Kami sudah bersepakat bahwa kerjasama akan ditingkatkan, utamanya dalam pengembangan teknologi pertanian, yaitu dryer, silo, dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian," kata Menteri Amran dalam keterangan tertulisnya, Rabu lalu.

Menurutnya, persetujuan itu akan diawali dengan penandatanganan perjanjian antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Agroindustri Argentina. Rencananya perjanjian ini akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan September 2019 mendatang.(Tami)